27 Des 2010

Our Story



Masa SMA..
Masa yang selalu disebut sebagai masa yang paling indah..
Tapi tidak bagi anak-anak SMA Budi Bangsa..

SMA Budi Bangsa adalah sebuah SMA di pinggiran ibukota..
Yang terkenal dengan sebutan SMA pembuangan sampah..
Karena segala jenis sampah masyarakat ada di sana..

Preman.. pengacau... pembangkang... pembuli... pelacur

Masuk dan pulang sekolah sesuka hati..
Guru-guru honorer jarang masuk dan memilih mengajar di tempat lain..
Angka drop out jauh lebih besar daripada yang lulus.

Sekilas, tidak ada masa depan bagi anak-anak SMA Budi Bangsa, bahkan jika mereka menginginkannya..

Masa SMA bagi mereka hanyalah sebuah masa suram yang harus segera dilewati..

Supaya mereka dapat keluar dari status 'remaja' dan menjadi 'dewasa'. Supaya tak ada lagi orang dewasa yang mengatur mereka.. Supaya mereka akhirnya bisa didengarkan..

Ini adalah cerita mereka.

^0^

"Keluarga adalah pondasi, sekolah adalah atap, dan sahabat adalah dindingnya. An unforgetable school story."
(Nita Trismaya-pengajar, cerpenis, penulis novel Yelloveflies & Sweet Edelweiss)

"Satu kata, magnificent! Ceritanya benar-benar SMA jaman sekarang yang kurang peduli pada pendidikannya. The best."
(Nisa Ayu Andani-pelajar SMAN 6 Bogor)

^0^

Menurut aku pribadi, cerita ini luar biasa KEREN! Setiap kalimatnya membuat kita kepengen baca, baca, dan baca terus. Kita juga dibuat penasaran dengan cerita akhirnya. Dan di ending, membuat kita terharu dan mengingat perjuangan seseorang di dalam novel itu.
Emosi terharu, senang, bangga, sedih, kecewa, juga tergambar jelas di novel ini serta membuat kita turut merasakan apa yang tokoh-tokoh di sini rasakan. 
Walau theme nya agak dewasa, tapi tetep aja asyik buat dibaca. Penulis yang dikenal dengan nama Orizuka ini selalu membuat karya-karya yang unik. Tidak hanya tentang percintaan. Tapi juga perjuangan hidup serta persahabatan. 
Novel ini juga mengingatkan kita untuk selalu mensyukuri nikmat yang ada. Seperti diakhir cerita novel ini, walau mereka semua hanyalah seonggok 'sampah', tapi mereka mampu di daur ulang kembali dan berhasil menjadi apa yang mereka inginkan. Bukan apa yang telah mereka dapatkan. 
Di novel ini juga tentunya terdapat kisah cinta yang memang populer di kalangan remaja. Namun, cinta di dalam novel ini lebih tulus, lebih dewasa, dan menerima apa adanya dan bukan pada ada apanya.
Dikisahkan pula, seburuk apapun seseorang layak mendapatkan sebuah kebahagiaan. Walau hanya setitik, namun sangat berarti bagi seseorang yang membutuhkannya. Karena, sekecil perbuatan, sebesar dunia hasilnya.

                                                                                                                                      
                                                                                                                                              

23 Des 2010

Dilema

mau curhat nih -,- 
sebenarnya ini dilema udah dari kemaren-kemaren. tapi takut aja mau cerita. sama temen, gak mungkin. kalo di blog sih kemungkinan nggak dibaca sama temen-temen karena emang nggak ada yang tahu blog aku ini. jadi, daripada nggak bisa menumpahkan curahan hati yang udah menyesakkan dada, curhat di sini aja deh mendingan.

kemaren, tepat pada tanggal 23 Desember 2010, ada seseorang yang membuat aku shock. emang ini bukan pertama kalinya dia menyatakan ini. tapi tetep aja shock kalau sampe *kalo ga salah* dia 3 kali nyatain perasaan -yang anak muda jaman sekarang rasakan- ke aku.
aku sih sebenarnya nggak masalah nerima dia, toh dia baik banget sama aku. tapi banyak masalah yang sebenernya aku nggak yakin bisa nerima dia. tapi, ternyata aku malah nerima dia. sumpah! dia tuh baik banget sama aku, nggak tega juga kalo nolak sampe tiga kali.

jujur, alasan pertamanya adalah aku tuh sayang sama dia cuma lebih ke kakak dan adek. karena emang kita kenal di awal itu cuma sebagai kakak dan adek. susah buatku nerima dia lebih dari itu. lagian jujur, rasa cinta itu bukan untuk dia tapi untuk orang lain.
kedua, dia itu adalah kakaknya mantan aku. aku udah deket sama dia sebelum putus sama mantan aku. kita sering sms-an, telponan, kalo ketemu juga suka bercanda bareng. pokoknya udah kayak sahabatan banget lah. jadi kalo sekarang jadian, aku ngerasa asing aja. dan jujurnya lagi, aku MASIH SAYANG BANGET sama mantan aku. aku juga masih belum bisa nerima kita udah putus dan dia pula yang mutusin hanya karena masalah sepele MySpace
alasan ketiga, jarak kita tuh jauuuuuuuuuuuuh banget. yah, kalo lebih keren sih sekarang pacarannya yah disebut long distance. aku di jakarta, dia di luar jakarta.

tapi masalahnya, bilang TIDAK ke dia tuh susah banget >.< bukan cuma susah, tapi sekaligus gak tega. dia -atau sebut saja kakak itu kelewatan banget baiknya, apalagi sama aku. bayangin aja, tiap bulan kakak ngirimin pulsa ke aku cuma supaya kakak bisa smsan sama aku. apalagi nominal pulsanya juga nggak wajar. padahal pas itu aku bukan siapa-siapa kakak. nggak lebih pula dari seorang sahabat.
terus juga kakak suka ngirim hadiah-hadiah kecil buat aku yang harus aku umpetin tiap kali dapet *takut ketahuan. hehe. kadang-kadang aku juga suka mikir, itu sogokan dari kakak yah supaya aku mau jadi pacar kakak? *pikiran bodoh*

nyatanya sekarang aku udah jadi milik kakak, walau hatiku masih milik adek kakak itu. tapi aku coba jalanin dulu. mungkin perasaan ini nantinya akan berubah seiring berjalannya waktu. 
dan berarti, ini pacaran long distance yang kedua kali! moga aja deh kuat dan awet. yang terpenting, sih, rasa sayang lebih dari temen bisa muncul *tersenyum paksa

di sisi lain aku juga lagi suka sama kakak kelas. tapi kayaknya dia nggak suka sama aku abisan kitanya emang nggak deket. deketnya cuma kalo lagi agama doang. itupun juga cuma tatap-tatapan mata doang. ckck -,-
keliatannya juga dia lagi suka sama temen sekelasnya *tambah nge-drop
walau kenyataannnya gitu tetep aja aku nggak bisa ngelupain dia. bahkan, hampir tiap hari aku ngecek fb nya doang tanpa berani ngewall. hufft MySpace

aduuh, kasian banget ya aku. jadian sama orang yang nggak bener-bener aku sayang. giliran orang yang aku sayang, malah kayaknya nggak suka sama aku- walau nyatanya aku sering liat dia lagi ngeliatin aku. tapi tetep aja, dianya nggak mau ngedeketin aku. coba dia mau, pasti akunya juga nerima dengan senang hati.

tambah nggak karuan aja nih perasaan. makin dilema, makin sakit, makin nggak enak, aduuh macem-macem dah kayak gado-gado. tapi gado-gado kan enak, nah kalo nih perasaan? nggak ada enak-enaknya sama sekali.

udahan aah curhatnya. semakin di curhatin malah semakin nyesek~ mau siap-siap ke gereja juga nih buat ngerayain natal. mandimandimandi *mandi dalam dilema

                                                                                                                                              

20 Des 2010

Indonesia oh Indonesia~

Halo~MySpace
Cuma mau share aja tentang pemikiran dan opiniku mengenai Indonesia. Mungkin agak nggak masuk akal. Tapi namanya juga opini, yah dimasuk-masukin (?) aja deh.

Mengenai Indonesia, mungkin saat ini -terutama dalam persepakbolaan- Indonesia sedang mengalami yang namanya masa kejayaan. Sebenernya aku juga heran sama persepakbolaan Indonesia kali ini, entah karena udah tobat, atau emang karena ada Irfan Bachdim yang lagi tenar-tenarnya di Indonesia, atau karena emang udah mau kiamat (kalo ini kayaknya beneran nggak masuk akal) yang jelas, Indonesia sedang berjaya. 
Bangga juga sama persepakbolaan Indonesia yang sudah mulai melebarkan sayapnya dan menggantikan bulu tangkis yang mulai melempem. Sempet nggak nyangka juga sih sepak bola Indonesia bisa sampe kayak sekarang. Apalagi jika dilihat dari persepak bolaan Indonesia yang bisa kita lihat sebelum-sebelumnya
Special thank's juga buat Irfan Bachdim yang -kayaknya- udah membantu persepakbolaan Indonesia hingga sekarang. Walau ini juga berkat bantuan anggota lainnya, seperti Bambang Pamungkas yang juga merupakan pemain andalan.

Sebenarnya, sempet terfikir sih dalam benakku kalau seandainya pemain Indonesia itu benar-benar ASLI Indonesia. Nggak ada embel-embel 'blasteran'. Kayaknya lebih Indonesia aja. Tapi ya nggak apa-apa sih, toh berarti Indonesia kan berasal dari berbagai kebudayaan. Baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri. Bhineka Tunggal Ika, gitu.

Mau nyambung-nyambungin juga mengenai kiamat 2012. Walau sebenarnya nggak boleh sih menyebarkan hal yang cuma Tuhan yang tahu, tapi apa salahnya berjaga-jaga.
Menurut kabar, Indonesia akan menjadi negara Super Power saat negara ini sebelumnya telah hancur.
Indonesia akan mengalami beribu-ribu masalah -ya kayak sekarang ini- dan hancur akhirnya. 
Menurut kabar pula, Indonesia akan dipimpin nantinya oleh seorang Presiden wanita yang akan membawa Indonesia menjadi negara superior dan berhasil menyaingi Amerika Serikat. Widih~ hebat banget, kan. Tapi percuma juga kalo kita udah nggak ada saat Indonesia hancur nanti MySpace

Tapi sekali lagi, itu cuma kabar. Kabar yang mempunyai banyak kemungkinan. Walau beberapa orang sudah meyakini kebenarannya. Tapi sekali lagi, hanya satu pihak yang mengetahui hal tersebut, Tuhan :)

Sebenernya nggak ada nyambung-nyambungnya isi bola sama isi kiamat. Tapi biarlah, anjing menggonggong, kavilah berlalu (?) nggak ada hubungannya juga ya. Wkwk MySpace jadi malu

Namanya juga pendapat orang *ngeles*.
Pokoknya tetep berdoa sama kemajuan bangsa Indonesia, baik dalam bidang akademis maupun non akademis, biar bisa terus berjaya dan diakui negara lain. Dan buktikan kalau negara Indonesia itu ada dan juga negara Super Power, nggak kalah sama Amerika 
Apalagi katanya, negara tertentu nggak tahu kalau negara Indonesia itu ada. Tahunya cuma Bali. Padahal kan Bali ada di Indonesia. Parah kan  -,-

Makanya juga buat para generasi muda -saya juga- buat rajin belajar MySpace tobat juga, biar Indonesia bisa sukses *sok nasehatin

Udahlah~ daripada semakin jadi sok tua, mendingan udahan dulu aah~ sebenernya pengen ke kamar, tapi ada sesuatu masalah yang nggak mau disebar luaskan. Takut ketahuan paparazzi *sok ngartis

Bye* MySpace


16 Des 2010

Hope

awalnya, aku tak menyadari kehadiranmu
awalnya pula, aku tak menyadari adanya dirimu di sekitarku
tapi, saat kau menunjukkan adanya dirimu padaku
aku tahu, kau memang ada dan telah mencuri hatiku

tapi sepetinya, kau tak mempunyai rasa yang sama denganku
walau seringkali, tatapan mataku dan matamu bertemu
tapi sepertinya, hatiku dan hatimu takkan pernah bertemu
meski iman kita sudah satu

aku pernah berharap, suatu saat kau bisa menyapaku
hanya sekedar menyapa
harapan konyol dari seorang gadis yang menyayangimu
tapi sepertinya kau tak bisa melakukannya, entah karena apa

mungkin perasaan ini akan terus berkobar seiring berjalannya waktu
dan aku tak akan pernah mampu menahannya
dan aku juga menyadari, aku menyukai perasaan itu
rasa suka terhadapmu

aku juga ingin menjadi milikmu
menjadi bagian dari hidupmu
walau mungkin, hanya sekedar jadi sahabatmu
tapi aku rasa itu tak mungkin, selama rasa gengsi masih menghantui diriku dan dirimu

pernah terfikir dalam benakku kalau dirimu adalah jodohku
karena iman kita yang sama
tapi bayangkan, bagaimana kita bisa berjodoh kalau sekedar menyapa saja tak pernah?
itulah sulitnya mewujudkan perasaanku

mungkin hanya ini goresan hatiku untukmu
pangeran hidupku yang hanya bisa kulihat tapi tak bisa kugapai
tapi melihatmu adalah anugerah terindah dalam hidupku
dan aku akan tetap menantimu, walau hanya sekedar menjadi sahabatmu ;)

from : me
to     : my seniors in high school :)



11 Des 2010

Super Korea, Super Tampang?

buat para fans artis-artis korea, mungkin ada yang udah tau atau belum, lebih baik buka dulu link ini ---> http://www.twitlonger.com/show/7emvc9
gimana setelah ngebacanya? 

kalo aku sih jujur, ngerasa kalau artikel itu lebih kayak 'menjelek-jelekkan'. bukan maksud apa-apa, tapi, dalam artikel itu seakan-akan ngejatohin orang-orang korea banget. mungkin ada sebagian sih yang bener, tapi diumbarnya kok kayaknya sampe segitunya banget.
walau aku juga sebenernya bukan fans boyband atau artis korea juga sih. tapi tetep aja ngerasa gimanaaaaaaa gitu.

apalagi pas ada kalimat yang bilang kalau setiap artis korea akan dibiayai untuk operasi plastik. dan aku rasa, itu semua usaha yang cukup kreatif untuk memberikan suguhan yang menarik buat para pemirsa dan menurutku itu nggak salah, toh, kalau semua pihak udah setuju, kenapa enggak? toh itu juga membutuhkan modal yang cukup besar. nggak cuma artis korea yang melakukan operasi plastik. beberapa asrtis di seluruh penjuru dunia, pasti ada kok yang operasi plastik.
masalah penggemar wanita yang banyak karena mereka ganteng-ganteng itupun normal. dan kalaupun nggak cakep, asal karismanya ada, itupun udah cukup buat menarik para fans. ada pula artis korea yang begitu. aku tahu namanya tapi nggak tau orangnya. maklum, bukan fans fanatik, cuma sekedar suka doang.

ternyata eh ternyata berita ini berawal dari sebuah koran,tepatnya koran kompas. ini dia korannya
aku juga nggak tahu kenapa nih koran memuat berita kayak gini. mungkin untuk menarik para pembaca-pembaca kali ya. tapi kayaknya tetep bikin sakit hati. apalagi pas liat judulnya. walaupun ya aku bukan fans artis-artis korea, tetep aja ngeliat dari segi judulnya udah bikin pro dan kontra.

gimana pendapat temen-temen semua? adakah yang mau berbagi pendapat? *udah kayak ada pembaca aja*
isi blog ini cuma mau share aja kok. biar pada apdet gitu. hehe *sok apdet*

demikianlah berita kali ini (?) makasih buat yang cuma mau sekedar liat dan bubbyeeebyeebyee MySpace

16 Nov 2010

SAHABAT YANG BUKAN SAHABAT

hellooooooooo buat kamu yang ada di sana! saya lagi gondok berat bagi anda yang berinisial 'A' #frontal. tapi sepertinya, saya masih cukup baik untuk tidak menyebarkan nama anda, karena saya masih punya hati nurani, tidak seperti anda!

mau tahu apa yang membuat saya gondok setengah mati sama anda? 
ketika waktu itu, anda meminta saya untuk membagi pasword facebook saya ke anda, tapi saya nggak mau, karena menurut saya, saya juga butuh privasi. dan terlebih, saya juga TIDAK PERCAYA dengan anda, dengar TIDAK PERCAYA, karena saya tahu waktu saya menitipkan hp saya ke anda, anda membuka-buka sms di hape saya. jadi, ada alasan saya untuk TIDAK MEMPERCAYAI anda walau anda adalah SAHABAT saya! dan saya pun cukup kapok untuk memberi tahu rahasia saya ke anda, karena saya tahu, anda selalu ingin mencampuri urusan saya, merasa kalo anda adalah SAHABAT DEKAT saya. tapi bagaimanapun, SAHABAT juga butuh privasi. SADAAR WOOOOY! BUKA MATA LO LEBAR-LEBAR, GUE BUTUH PRIVASI!

dan hari ini, tepat pada tanggal 16 November 2010, saya melihat kalo akun facebook saya di bongkar-bongkar oleh seseorang yang mengaku SAHABAT saya. nggak cukup jelas ya kalo di sms saya udah bilang kalo saya NGGAK MAU FB SAYA DI BONGKAR-BONGKAR SAMA ANDA! apa kurang cukup jelas? begitu bodohkah anda? 
mungkin anda ingin kembali pendekatan dengan MANTAN anda itu melalui saya. dan anda juga membawa-bawa nama saya tanpa seizin saya. OKE, saya nggak masalah dengan membawa-bawa nama saya, tapi saya nggak suka sama KETIDAK JUJURAN anda. saya AMAT, SANGAT, NGGAK SUKA! apalagi begitu saya buka facebook saya, saya melihat dengan mata kepala saya sendiri kalo facebook saya lagi dimainkan oleh orang lain di sana, dan SAYA SANGAT YAKIN, itu anda. karena anda sendiri yang nge-cheat MANTAN anda itu pake facebook saya. 

mulai jam ini, menit ini, detik ini, saya NGGAK AKAN PERNAH PERCAYA lagi sama anda. karena saya tahu, anda bukanlah orang yang bisa dipercaya. TEMEN macem apa LO?!
saya juga tahu, anda adalah manusia, yang punya banyak kesalahan. tapi berhubung saya juga adalah remaja-remaja labil, saya juga berharap anda bisa tahu mana yang menjadi URUSAN anda dan apa yang menjadi PRIVASI saya. jangan seenaknya sendiri. SAHABAT juga nggak berbagi semuanya. SAHABAT punya batasan-batasan sendiri. SAHABAT itu juga saling mengerti. mengerti kalau saat ini saya juga butuh PRIVASI. 

jadi, pesan saya kali ini adalah HARGAI PRIVASI SAHABAT ANDA! MEREKA JUGA MANUSIA BIASA YANG PASTINYA PUNYA SATU HAL YANG NGGAK MAU DIBERITAHU KE ORANG LAIN TERMASUK SAHABAT ANDA SENDIRI!

tertanda : remaja-remaja labil -_-

12 Nov 2010

Rumah Tradisional Nan Ajaib

ternyata, di luar negeri juga banyak loh yang punya rumah unik-unik. mau (sok2) bagi2 pengetahuan nih buat semua pembaca yang kelihatan maupun tak kelihatan. monggo dinikmati MySpace

RUMAH GUA BATU DI DESA KANDOVAN (IRAN)

desa kandovan 
desa kandovan yang terletak di kota Osku dan Tabriz, Iran ini sebenarnya hanya desa kecil biasa. tapi, yang bikin desa ini luar biasa adalah tempat tinggal penduduknya. bukan saya nya loh (?). yup, penduduk desa kandovan ini menggali gua dan bebatuan untuk dijadikan rumah. kok bisa? ya bisa lah, orang saya gitu yang buat. wkwk. enggak lah, ini disebabkan karena pegunungan sahand yang memang berada di sekitar desa kandovan, pernah meletus dasyat sekitar ribuan tahun yang lalu. pastinya, waktu itu saya belum lahir. debu dan lahar sisa letusan ini menjadi keras sehingga membentuk sebuah bukit batu yang banyak jumlahnya. nah, di dalam bukit batu inilah penduduk desa membangun tempat tinggal.

hal yang unik lainnya adalah, rumah ini sudah berusia 700 tahun. sangat beda jauh dengan usia saya yang masih 16 tahun. rumah ini juga merupakan warisan dari para leluhurnya, maka sebagian besar dari mereka nggak menggali sendiri gua di bebatuan, tapi para leluhur mereka yang melakukanya. rumah ini juga tergolong awet karena berasal dari debu vulkanik yang sangat kokoh.

selain kokoh, batu yang menjadi dinding rumah gua ini juga sangat bagus untuk mengontrol suhu. sehingga rumah akan tetap dingin ketika musim panas dan hangat ketika musim dingin. bentuk rumah ini juga lucu seperti corong es krim yang dibalik. setiap rumah dibagi menjadi tiga sampai empat lantai. lantai pertama untuk kandang hewan, kedua dan ketiga untuk tempat tinggal serta lantai paling atas untuk menyimpan barang. aku mau pindah ke sini aaah besok. kandovaaaaaaan tunggu akuuuuuuuuuuuuuuuuuu MySpace

RUMAH RUMPUT (ICELAND)

rumah rumput
kalo menurutku, rumah ini bentuknya lucuuu banget. dari namanya aja udah bisa ditebak kalo rumah ini dibuat dari rerumputan. sangking rapinya rumput yang menyelimutinya, rumah ini bagaikan tersembunyi di bawah bukit.

sebenarnya ada dua alasan kenapa orang-orang iceland membangun rumah dari rumput. yang pertama, alam negara iceland memang lebih banyak padang rumput daripada hutan maupun pepohonan. kondisi ini membuat kayu sangat mahal di sana karena harus impor dulu. makanya, setiap membangun rumah diusahakan menggunakan kayu sedikiiiiiiiiiiiiiiiit saja. alasan keduanya adalah rumput ternyata lebih efektif untuk menghalau udara diungin di iceland di banding kayu.

untuk membangun rangka rumah tetap menggunakan kayu. setelah rangka selesai, baru kemudian tanah dan rumput dipadatkan, ditumpuk sebanyak-banyaknya di atas rangka kayu ini. saat baru dibangun, rumah ini hanya terbuat dari tanah saja. tapi, hanya dalam waktu beberapa minggu rumput mulai tumbuh lebat dan menutupi hampir seluruh rumah sehingga yang kelihatan tinggal pintu rumah yang berukuran kecil. terkadang, tumbuh juga bunga rumput yang indah menghias atap dan dinding rumah. so sweet banget dah nih rumahMySpace 

karena membuatnya dari bahan yang ada di sekitar, rumah ini bisa dibangun dalam waktu yang cukup cepat dan biaya yang nggak terlalu mahal. bahkan untuk membuatnya pun nggak butuh banyak pekerja. makanya, penduduk di iceland lebih sering meminta bantuan para tetangga daripada menyewa tukang bangunan. jadi buat para tukang bangunan, lebih baik jangan bekerja di sini. 

RUMAH JERAMI (LAKE TITICACA, PERU)

rumah jerami
tinggal di rumah jerami ternyata sudah ditekuni oleh suku uros sejak ratusan tahun lalu. kabarnya dulu para leluhur penduduk uros dianggap rendah oleh suku inca. mereka lalu diusir dan tidak boleh tinggal di peru lagi. kejamnyeeeeeeeeee MySpace. karena mereka nggak bisa tinggal di tanah, mereka pun berinisiatif membuat pulau sendiri di tengah danau dengan menggunakan bahan seadanya, yaitu jerami.

penduduk uros menggunakan jerami totora yang tebal dan kuat. jerami ini tumbuh subur di sekitar danau titicaca. jerami ini diikat, dijalin, dan ditumpuk sebanyak-banyaknya sehingga membentuk pulau yang menjadi tempat tinggal penduduk uros. pulau buatan ini harus rutin diganti jeraminya supaya tetap bisa mengambang. makanya seminggu sekali setiap keluarga harus menyerahkan seikat jerami untuk memperbaharui pulau mereka.

keahlian penduduk uros untuk menjalin jerami bisa membuat bentuk rumah mereka mirip seperti rumah bata pada umumnya dengan dinding dan atap persegi. pokoknya, penduduk uros kreatif deeh. jadi buat para generasi muda, contohlah penduduk uros yang sangat kreatif ini #apadah.

MBF (My Best Friend) B'daay

yeeeee! hari ini sahabatku, ULFAH MAGHFIROTUN KHASANAH berulang tahun yang ke-16 tahun! hip-hip horeeeeeeeeeeeeeee! akhirnya, sekarang diriku dan dirimu jadi seumuran deeh. nggak jadi yang paling muda lagi deeeh. haha #bangga MySpace

okee, sekarang kita akan flashback duluuuu,,, ngeeeeeeeeeeeeeng!

11 November 2010
jadi, pada hari ini, kita berlima -aku, yola, sarah, yohana, irene- udah siap2 buat ngerjain temen kita yang satu ini di hari ulang tahunnya. pokoknya, kita udah menyiapkan rencana matang-matang, sampe ada insiden kecil di malam sebelum hari ini #apadah. tapi kayaknya nggak usah di bicarain lagi deh. ibarat kata, semua yang berlalu, biarlah berlalu. wkwk.

untung hari ini, insiden kecil itu bisa di selesaikan, jadinya, kita nggak ada marah2an lagi deeh selama perayaan ulang tahun sahabat kita. hehe. 
dan aku, sarah, yola, dan irene udah menyiapkan novel dan jam weker sebagai hadiahnya. mana si yola sama irene berebutan siapa yang minjem tuh novel duluan. dasar, ngasih kado pada nggak ikhlas. kayak aku dong...... sama kayak kalian. cuma jaim aja deh. hihi. 
sementara yohana udah menyiapkan kado tempat pensil yang lucuuuuuuuuu banget -kayak aku-. 

untuk ngerjain ulfah adalah, pertama, kita lupa kalo kita nggak bawa kado. tapi tetep kita ngucapin selamat ulang tahun ke dia, biar nggak curiga gitu maksudnya. awalnya sih, kayaknya ulfah udah tau bakal kita kerjain,   dr lirikan matanya gitu deh, tapi kita mah tetep santai. haha 

pas pulang inilah awal dari kecurigaan upah. si yola sama yohana kode-kodean yang ketahuan banget sama ulfah, sementara aku ketawa-ketawa kayak orang gila. jadi wajarlah kalo ketahuan. begonya kami -_- tapi tetep aja, kita ngejalanin tuh rencana. show must go on.

berhubung sarah ada praktek kimia (inilah repotnya jadi anak ipa, praktek mulu) jadinya kita nungguin tuh anak deh selese praktek. sementara yohana, nemenin ulfah selama sisa-sisa tubuhnya sebelom di ceplokin. haha. sedangkan aku, yola, dan tantri, nyari bahan2 buat nyeplokin tuh anak.

setelah selese beli bahan-bahan, aku, yola, sama tantri, recana buat jemput yohana di pertengahan gongseng -menurut yohana- dan gongseng -menurut tantri-. sementara aku sama yola nggak tahu tuh tempat namanya apa. haha MySpace
eeeeh, sialnya di pertengahan jalan mau jemput yohana, ujaan turun gedeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeee bangeeet. parah daah emang nih ujan, gatau apa orang lagi buru-buru. alhasil, kita nunggu tuh ujan sampe berenti deh. mana lama lagi, ngupil dulu ajaa deh mendingan MySpace
maaf ya yohana, engkau harus sabar menunggu.

setelah menunggu kurang lebih 30 menit 240 detik, tuh ujan mulai rintik-rintik. langsung deh aku, yola, sama tantri,dengan berseragamkan mantel, langsung caaaaaaaw dari tempat berteduh MySpace. kasian juga sama yohana udah kelamaan nunggu.

sampe di pertengahan gongseng -menurut yohana- dan gongseng -menurut tantri-, yola langsung menyarankan untuk ke sekolah dulu buat jemput sarah. yaaa, aku sih setuju2 aja, soalnyaaa.... ada udang di balik bakwan lah pokoknya MySpace

di sekolah, ternyata sarah belom selese praktek, jadi kita nunggu dulu, deh sambil menyiapkan rencana pas kita udah di rumah upeh. udah mana yola sibuk bilang laper lagi, waduuuuuuuuuh, sabar yaa yol, saya berjanji, di rumah upeh kita pasti makan. jadi sabar ya yolaaaaaaaaaa.

setelah 25 menit 360 detik nunggu, akhirnya sarah dateng juga deeh. yaaa cepet banget, padahal kan masih mau liat2 sesuatu. hihi.
langsung ajaa tapinya kita caaw ke TKP. 

eeeh udaah sampe deket rumah upah, kita bingung mau parkir di mana. abisnya, rumah upah tuh turunan, jadinya agak susah juga kalo mau parkir.
untung sarah nyaranin ada tempat buat parkir di sekitar rumahnya dan kita bisa lewat jalan tembus, langsung aja daah ke sana. daripada kelamaan. kan males jugaa. 

ternyata eh ternyata, perjalanannya lumayan jauh juga. mana ada tanjakan, naik, turun, naik turun. turunnya sih gamasalah. naiknya itu loh. ergggggh, mantep bener dah MySpace. untung ada si seksi yola yang ngelawak mulu, jadinya tuh beban tanjakan agak terkurangi. hehe.

akhirnya, setelah menempuh 13 tanjakan dan 3,5 turunan, sampe juga di rumah upeh. langsung deh kita ke posisi masing2. sarah yang mancing upeh keluar, aku dan yola yang siap di tembok sebelah kanan, dan yohana sama tantri yang siap di sebelah kiri dengan membawa sebuah telor dan sebungkus terigu.

tak berapa lama, si upah keluar juga. si sarah langsung sepik2 daaah buat ngobrol. aku sama yola sih nunggu aja dengan sabar. mana si seksi yola ngelawak mulu lagi, pake pantatnya geal-geol pas ngintip, jadinya kan aku ketawa mulu. eeh, si yola ikut ketawa juga. untung tawanya kita redam, jadinya nggak kedengeran amat.

nunggu upah kepancing sarah lama banget lagi. yaah, terpaksa kita nunggu dengan sabar. yaa, supaya tuh telor sama terigu mampir sempurna di kepalanya. kan sayang udah beli mahal-mahal. wkwk.

nggak berapa lama, ternyata si yohana sama si tantri ketahuan. langsung aja mereka nyerbu upah. eeh, tapi upah nya langsung mau kabur. untung si sarah yang gagah perkasa berhasil mencegah upah masuk ke dalem. dan plooooook, sukses dah tuh telor sama terigu mampir di kepala upah. yola sama aku juga udah berhasil dengan sukses naburin upah yang udah putiiiiiiiiiiiih makin putiiiiiiiiiiih itu. haha.
langsung deh kita abadikan. MySpace

ulfah tampak depan
sang ibu yang berbahagia melihat anaknya menderita. haha. sabar yaaa upaah. haha











ulfah tampak belakang










daaaaaan sukses laaah acara kitaaa! hepiiiiiiiiiiii b'daaaaaaaaaaay upaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaah! MySpace. maaf yaa upaah, tapi ini bukti cinta kami ke kamu. haha MySpace

setelah diceplokin, ibunya upah nyuruh kita masuk ke dalem. dengan senang hati sih kita masuk, udah laper juga sih. hihi. 

setelah kita masuk dan upah juga udah selese mandi. lama amet dah nih bocah mandi. amis yah neng? haha. rasakan itu. kita langsung aja kasih kadonya. eeeh, si yola dan tantri dengan nggak tahu dirinya, langsung aja boking tuh novel. dibaca aja belum, udah mau dipinjem. ckck. tapi abis yola sama tantri aku yaa paah. hahaMySpace

sambil ngobrol-ngobrol, ternyata ibunya upah udah nyediain risol sama bakso buat kita makan. tapi sayang, aku makannya nggak puas. udaah tuh risol panas banget, eeh baksonya pedees banget. tapi tetep aja enakMySpace makasih ya ulfah.

berhubung motto kita adalah SMP, Sudah Makan Pulang, kita langsung aja pamit pulang. lagian juga udah sore. kita pamit deeh sama keluarganya ulfah MySpace. sebenernya nggak keluarganya juga sih, ulfah sama ibunya doang. hihi.  

^0^

waloo gak banyak narsis2an. yang penting puas dan kenyang, karena ternyata, pada tanggal 12 november, kita di traktir lagi. waduuuh, rejeki nomplok niih. makasih ya ulfah. kamu memang temen ku yang paling baik -giliran gini aja dibilang baik- hihi. 

oyaa, mau ngucapin nih
SELAMAT ULANG TAHUN YA, PAH, WISH YOU ALL THE BEST! SEMOGA MAKIN PINTER, MAKIN CANTIK, MAKIN SAYANG SAMA ORANG TUA, DAN JUGA SEMOGA MAKIN AKRAB JUGA YA SAMA AKU DAN YANG LAINNYA JUGA!
HAPPY BIRTHDAY ULFAH! MySpace

31 Okt 2010

gombal is the best^^

buat kamu yang kepengen banget ngegombalin cowok, cewek, pembantu, supir, tukang kebun, atau apanya kamu, yang penting sih masih manusia *untuk merayu setan dan binatang jangan menggunakan jurus ini*, disinilah tempatnya.
kamu bisa bikin hati mereka -yang pengen kamu gombalin itu melelehi hatimu. tentu aja ini semua adalah copas dari mana-mana. dan bukan hasil karya aku sendiri karena aku bukan tipe orang yang suka ngegombal tapi suka digombalin. hoho. 
dan tentunya bakalan bikin kamu semakin berlope-lope ria. MySpace

gombal's word :

  • setiap hari aku nungguin bintang di langit. tapi yang muncul selalu aja bulan. please deh, kamu jangan nyembunyiin bintang itu di mata kamu, kasihan kan bulannya sendirian.


  • kamu itu kalo aku ibaratkan kayak kabel telanjang, karena setiap aku pegang, hatiku selalu saja kesetrum.


  • kalo kamu kesepian dan butuh aku di negeri CINA, aku akan selalu bersedia untuk jadi T yang menemanimu, dan kita buat menjadi negeri CINTA.


  • aku mau banget mengganti namaku jadi AMIN, supaya selalu kamu sebut di dalam setiap doamu


  • aku rela berakit ke hulu, asal berenang ke tepiannya bareng kamu


  • aku rela gantiin malin kundang jadi batu, asal dikutuknya sama kamu seorang


  • asal kamu tahu, candi borobudur menghilang dari 7 keajaiban. tapi sekarang, sudah ada kamu yang menjadi 7 keajaiban di hatiku.


  • aku tahu, kamu tuh paling gak bisa yang namanya masak. karena kamu selalu gagal kalau memasak. kayak waktu itu, aku minta dibikinin sayur asem, tapi malah jadi sayur manis di tangan kamu.


  • kalo setiap saat aku kangen sama kamu, lama-lama aku dilantik deh jadi personil kangen band.


  • aku dan kamu diibaratkan seperti jakarta dan banjir, sulit banget buat dipisahkan.




huaaaaaaaah, pegel juga ngetiknya, tapi seru dan bikin aku senyum-senyum sendiri. naah sekali lagi, ini hanyalah copasan.
oyaaa, selamat hari bergombal-gombal ria.^^

30 Okt 2010

Indonesia (kembali) Berduka

Teriakan kembali mengguncang bumi pertiwi ini
Teriakan dari para mahkluk-Mu yang selalu membumbui bumi ini dengan dosa
Teriakan yang menandakan bahwa sesuatu yang menyeramkan terjadi
Teriakan yang membuat air mata berderai

Bumi ini kembali marah
Bumi ini kembali mengamuk
Bumi ini kembali kesal
Untuk kesekian kalinya

Tsunami, gempa bumi, gunung meletus, banjir
Beberapa bencana yang membuat kami harus mengeluarkan cairan bening dari mata kami
Kami tahu apa yang sedang terjadi
Bumi sudah semakin menua

Mungkin, bumi sudah tidak mampu lagi menanggung dosa kami
Hingga terus bergetar, menghancurkan segala sesuatu yang ada di sekitarnya
Entah kapan bumi ini dapat bertahan
Untuk tetap terus tegak berdiri di alam semesta ini

Kami kembali mahkluk-Mu hanya bisa berdoa
Terkadang, berdoa hanya jika kami butuh
Memohon saat kami mulai terjepit
Meminta saat kami tak berdaya

Tapi, seperti yang Engkau ketahui, kami bukanlah mahkluk sempurna seperti-Mu
Kami hanyalah mahkluk yang selalu saja membuat-Mu dan alam ini kesal
Untuk itu, kami hanya meminta satu permohonan padamu
Jangan buat alam ini hancur, karena hanya bumi inilah tempat kami dapat tinggal satu-satunya

~~~~~

TURUT BERDUKACITA ATAS BENCANA YANG MENIMPA MENTAWAI, MAGELANG, PAPUA, DAN SEKITARNYA MySpace
Tsunami di Mentawai, Sumatera Barat
Korban Tsunami di Mentawai, Sumatera Barat




Gunung Merapi, Magelang

Korban Gunung Merapi, Magelang

22 Okt 2010

Diary Derita-nya





 Andara memandang ke luar jalanan yang tengah ditetesi oleh air hujan. Matanya terus menatap kearah hujan itu, kosong. Dan seperti sebelum-sebelumnya, air matanya segera mengalir di pipinya untuk ke sekian kalinya. Dan seperti sebelum-sebelumnya pula, ia segera menghapus air matanya.
 Andara segera mengalihkan perhatiannya pada sebuah buku berwarna hitam yang terletak di atas mejanya. Dengan langkah perlahan, ia mendekati buku itu. Tatapannya terus terarah pada buku itu. Hatinya kembali tergores. Rasa sakit yang terus menghampiri hatinya tetap saja tak mau hilang.
 Dengan tangan bergetar, Andara mengambil buku itu. Dengan hati-hati, ia membuka lembar demi lembar dari kertas yang sudah penuh dengan tinta hitam yang timbul tenggelam.


Bersamamu kurasakan bahagia yang begitu dalam. Tapi sayang, rasa bahagia itu tak akan bertahan lama. Penyakit ini sudah meracuni tubuhku dan membuatku tak bisa hidup seperti anak normal lainnya. Aku benci keadaan ini!

 Air matanya segera mengalir. Sudah lama ia tak membuka buku pemberian Rio ini. Isinya terlalu sakit untuk dibaca. Dan Andara, tak sanggup melakukannya. Apalagi pada kalimat ini. Andara mampu merasakan kebencian Rio saat menulis kalimat ini.
 Andara membuka lembar berikutnya. Walau tangannya sudah gemetar tak karuan, tapi ia masih ingin menjadi saksi hidup Rio di buku ini.


Orang tua bejat itu datang padaku dengan beruraian air mata. Apa yang sebenarnya mereka pikirkan? Mengambilku… lalu membuangku? Kalian pikir aku ini apa? Sebuah mainan yang bisa kalian ambil dan buang seenaknya?


 Andara jatuh terduduk di lantai. Diary itu sudah mengungkapkan salah satu penderitaan Rio dari sekian penderitaannya. Rasa penyesalan Andara kembali muncul. Ia kembali membuka halaman berikutnya.


Sudah berulang kali aku menyuruhnya untuk menjauhiku. Sudah berulang kali pula kumuntahkan cacian dan makian padanya. Tapi apa? Dia terus datang padaku dengan senyuman malaikatnya. Oh… saat itu, aku sempat berharap kalau aku tak mempunyai penyakit bodoh ini yang bisa membuatku menjauh darinya.

 Andara tersenyum membaca isinya. Ia ingat saat Rio terus mencoba untuk menjauhi dirinya. Dengan cara memfitnah dirinya, dengan cara mengatakan hal-hal bodoh seperti mengatakan bahwa Rio adalah seorang guy dan sebagainya.
 Awalnya Andara percaya akan itu semua. Tapi kelamaan, Andara tahu bahwa Rio hanyalah seorang pembohong dan tidak mempercayai itu semua dan kembali dekat dengan Rio.
 Andara pikir, Rio adalah seorang anak yang sedang cari perhatian karena memang tak pernah mendapat kasih sayang dari siapapun. Tapi ternyata, alasannya lebih dari itu.
 Andara kembali membuka lembar berikutnya.


Ya, sekarang aku kembali ke rumah orang tuaku berkat bujukan Anda, sponge-bob ku. Aku menamainya sponge bob karena ia seperti film sponge bob yang selalu membuatku ceria dan bahagia. Aku bahagia saat ini karena adanya sponge bob ku. Bukan karena orang tuaku.


 Tubuhnya sudah melemas. Ia tahu persis itu isi dari buku itu. Tapi entah mengapa, tangannya terus saja membuka lembar demi lembar dari buku itu. Tangannya seakan terhipnotis oleh kekuatan dari buku itu.


Aku memutuskan untuk memiliki gadis itu dengan memilihnya sebagai pacarku. Egois memang, karena aku memilihnya di saat penyakitku sedang parah. Aku memang ingin terus berada di sampingnya di sisa-sisa hidupku yang sudah penuh dengan penderitaan. Apalagi saat orang tuaku kembali membuangku karena kekayaan mereka sudah kembali. Rupanya, mereka mengambilku hanya supaya mereka mendapat dana lebih dari pemerintah. Cih… orang tua macam apa mereka? Kenapa Tuhan begitu tega menitipkanku di kandungan mereka?


Aku juga memutuskan untuk memberitahu semuanya pada Anda. Aku sudah siap menerima semuanya, bahkan ditinggal oleh Anda. Dan ternyata, semua itu benar, Anda memutuskan hubungannya karena penyakitku yang nista itu. Ia bahkan tak mau mendengarkan penjelasanku darimana aku memiliki penyakit itu. Haha…. Aku begitu bodoh merasa bahwa Anda akan menerimaku apa adanya. Ia sama seperti yang lainnya. Dan berkat pemikiranku itu, aku jadi lebih tertutup. Tertutup pada siapapun. Tertutup pada apapun. Sangat tertutup.


Penyakit ini terus saja menggerogoti tubuhku. Sakit menerimanya. Aku tak kuat. Merintih, mengaduh, hanya itu yang bisa kulakukan. Tak ada yang menemaniku di sisa-sisa hidupku ini. Bahkan Anda yang sekarang malah menatapku dengan tatapan yang seolah mengatakan bahwa aku adalah sampah. Ya, penyakit ini adalah penyakit nista dan hanya orang-orang busuk yang memilikinya. HIV. Inilah penyakit sampah itu. Penyakit yang membuat kebahagiaan diriku menjauh.


Aku terus mengerang kesakitan di kamar dengan suara tertahan. Sendirian. Penyakit ini yang membuat hidupku terus menderita. Penyakit yang kudapatkan dari orang tuaku. Orang tua bejat itu. Orang tua yang selalu kuakui sebagai orang tua, tapi tak pernah menunjukan diri mereka sebagai orang tua. Ya Tuhan… adakah beban hidup lain yang harus ku panggul selain ini? Apa bebanku masih kurang?


Rumah sakit. Sepertinya tempat ini menjadi tempat kunjungan terakhirku. Rasa sakit yang menyiksa tubuhku sudah tak dapat kutahan. Jeritan, tangis, teriakan, auman, bahkan serentetan doa tak mampu mengusir rasa sakit ini. Tuhan… apakah kau belum puas menyiksaku? Apakah Kau lebih suka menyiksaku daripada mengambilku dari dunia yang kelam ini? Apa kau suka melihatku begitu menderita? Pertanyaan-pertanyaan tak terjawab terus berkelabat di benakku.


Mata itu. Mata yang selalu aku nantikan, hadir di depanku. Memberiku secercah harapan untuk tetap hidup. Tapi… mata itu tak lembut seperti dulu. Mata itu berubah. Mata itu terus menatapku dengan tatapan jijik. Tapi tetap saja, aku suka melihat mata ini. Mata milikmu, Andara Anggraeni.


Aku merasa kalau ini adalah akhir dari hidupku. Memang, sakitku sudah mulai mereda, tapi tetap saja aku merasa kalau Tuhan sudah menyuruhku duduk di pangkuannya.

Aku sudah melihat sekeliling. Tak ada orang yang menemaniku sama sekali. Padahal, kantuk ini sudah sangat parah. Aku ingin secepatnya memejamkan mata. Tapi, aku ingin ada seseorang yang menemaniku di saat kematianku. Khususnya kehadiran Anda, yang masih belum tahu hal yang sebenarnya tentang penyakitku. Yang masih salah paham dan tak mau lagi mendekatiku. Asal kau tahu Andara, aku bukan lelaki nakal.

Nihil. Sudah setengah jam aku menunggu disini, tapi tak ada seorangpun yang datang untuk mengunjungiku. Kasihan sekali nasibku. Hidup sendiri, di saat akhir hidupku pun sendiri. Haha.

Mungkin, aku akan menitipkan diary deritaku ini pada Andara. Setidaknya, saat aku tiada nanti, ia bisa memaafkanku atas penyakitku. Dan yang paling aku inginkan, ia bisa tahu semua tentangku. Tentang perasaanku.


 Andara menjatuhkan buku itu ke lantai. Penyesalan kembali datang menyelimutinya. ia merasa kalau ia adalah orang paling kejam di dunia. Ia meninggalkan Rio hanya karena suatu alasan yang sebenarnya ia juga tak mau menerimanya.
 Andara sebenarnya sudah tahu kalau penyakit Rio itu memang datang dari orang tuanya. Karena sesaat setelah Rio meninggal, orang tua Rio langsung meninggal karena memang penyakit yang menggerogotinya. Tapi ternyata, membaca diary ini jauh lebih membuatnya sedih, kehilangan, dan yang terpenting menyesal.
 Penyesalan memang selalu datang belakangan. Dan ia berjanji akan menebus kesalahannya dengan membuat semua orang yang terkena penyakit mematikan itu merasa sangat bahagia di sisa-sisa hidupnya dengan menjadi perawat. Ia tak ingin banyak Rio-Rio lain di dunia ini yang baik hidup atau mati terus saja menderita.
 Dengan tangan bergetar, Andara mengambil buku yang tertulis berbagai penderitaan itu dan memeluknya. Ia berjanji akan menjaga buku itu dan tak akan melepaskannya, walau ia telah melakukan itu pada pemiliknya. Tapi Andara berjanji, tak akan melakukan itu pada kenangannya.
 Andara menghapus air matanya. Ia menatap keluar jendela. Langit sudah bersih dan bersinar. Mungkin seperti Rio saat ini yang sudah bahagia di sana. Memang, ia sangat pantas di sana. Dunia tak membawa kebahagiaan untuknya, tapi Andara yakin, Tuhan pasti menempatkan Rio pada sisi terbaiknya.
 “Anda,” panggil seseorang yang sudah berdiri di balik pintu.
 Andara menoleh setelah sebelumnya meletakkan buku itu di sebuah kotak yang ia beri nama ‘istimewa’.
 “Hei, Alan,” sapa Andara balik sambil mendekati laki-laki itu. “Sudah lama kamu di sini?”
 Alan menggeleng lalu mengikuti Andara yang segera keluar dari kamarnya. “Belom, kok. Baru aja. Oh, ya, hari ini Cinta melahirkan bayinya. Dan hebatnya, bayi itu tak terkena HIV seperti ibunya. Sungguh hal yang sangat luar biasa!”
 “Oh ya?! Bagaimana bisa?!” seru Andara senang. Tak percaya. Bagaimanapun HIV adalah penyakit turunan.
 “Aku juga tak tahu,” jawab Alan sambil tersenyum. “Oh, ya, Anda. Mengenai pernyataan cintaku… Bagaimana jawabanmu?”
 Andara tersentak. Wajahnya langsung memerah. Kopi yang tadinya mau diberikan pada Alan pun malah dibiarkannya melayang di udara.
 Waktu itu, Alan menyatakan cinta padanya, tapi Andara masih bingung sehingga ia mengundur jawaban itu hingga hari ini. Tapi sampai hari ini, ia belum tahu apa keputusannya. Ia juga tak mau mengambil keputusan secara gegabah. Ia tak mau menyesal lagi.
 “Aku… tidak tahu,” lirih Andara sambil membayangkan sosok Rio.
 Alan lalu tersenyum sambil mengusap rambut Andara. “Tak usah bertampang sedih begitu. Aku ngerti, kok. Nggak usah di jawab cepet-cepet. Aku akan selalu menunggu kamu.”
 Andara bernafas lega. “Syukurlah. Oh, ya, kamu mau kan menemani aku ke kuburan?”
 “Tentu saja. Memang, itu kuburan siapa? Kamu selalu memintaku untuk menemaniku ke sana, tapi kamu tak pernah memberitahuku itu siapa,” Tanya Alan dengan raut wajah penasaran.
 “Dia adalah malaikatku,” jawab Andara singkat meninggalkan Alan yang hanya menatap Andara bingung.
 Alan pun tersentak, merasa ditinggalkan oleh teman kuliahnya itu. “Anda! Tunggu!” panggil Alan lalu mengejar Anda dan menyamai langkahnya.

^0^
THE END~











up