12 Nov 2010

Rumah Tradisional Nan Ajaib

ternyata, di luar negeri juga banyak loh yang punya rumah unik-unik. mau (sok2) bagi2 pengetahuan nih buat semua pembaca yang kelihatan maupun tak kelihatan. monggo dinikmati MySpace

RUMAH GUA BATU DI DESA KANDOVAN (IRAN)

desa kandovan 
desa kandovan yang terletak di kota Osku dan Tabriz, Iran ini sebenarnya hanya desa kecil biasa. tapi, yang bikin desa ini luar biasa adalah tempat tinggal penduduknya. bukan saya nya loh (?). yup, penduduk desa kandovan ini menggali gua dan bebatuan untuk dijadikan rumah. kok bisa? ya bisa lah, orang saya gitu yang buat. wkwk. enggak lah, ini disebabkan karena pegunungan sahand yang memang berada di sekitar desa kandovan, pernah meletus dasyat sekitar ribuan tahun yang lalu. pastinya, waktu itu saya belum lahir. debu dan lahar sisa letusan ini menjadi keras sehingga membentuk sebuah bukit batu yang banyak jumlahnya. nah, di dalam bukit batu inilah penduduk desa membangun tempat tinggal.

hal yang unik lainnya adalah, rumah ini sudah berusia 700 tahun. sangat beda jauh dengan usia saya yang masih 16 tahun. rumah ini juga merupakan warisan dari para leluhurnya, maka sebagian besar dari mereka nggak menggali sendiri gua di bebatuan, tapi para leluhur mereka yang melakukanya. rumah ini juga tergolong awet karena berasal dari debu vulkanik yang sangat kokoh.

selain kokoh, batu yang menjadi dinding rumah gua ini juga sangat bagus untuk mengontrol suhu. sehingga rumah akan tetap dingin ketika musim panas dan hangat ketika musim dingin. bentuk rumah ini juga lucu seperti corong es krim yang dibalik. setiap rumah dibagi menjadi tiga sampai empat lantai. lantai pertama untuk kandang hewan, kedua dan ketiga untuk tempat tinggal serta lantai paling atas untuk menyimpan barang. aku mau pindah ke sini aaah besok. kandovaaaaaaan tunggu akuuuuuuuuuuuuuuuuuu MySpace

RUMAH RUMPUT (ICELAND)

rumah rumput
kalo menurutku, rumah ini bentuknya lucuuu banget. dari namanya aja udah bisa ditebak kalo rumah ini dibuat dari rerumputan. sangking rapinya rumput yang menyelimutinya, rumah ini bagaikan tersembunyi di bawah bukit.

sebenarnya ada dua alasan kenapa orang-orang iceland membangun rumah dari rumput. yang pertama, alam negara iceland memang lebih banyak padang rumput daripada hutan maupun pepohonan. kondisi ini membuat kayu sangat mahal di sana karena harus impor dulu. makanya, setiap membangun rumah diusahakan menggunakan kayu sedikiiiiiiiiiiiiiiiit saja. alasan keduanya adalah rumput ternyata lebih efektif untuk menghalau udara diungin di iceland di banding kayu.

untuk membangun rangka rumah tetap menggunakan kayu. setelah rangka selesai, baru kemudian tanah dan rumput dipadatkan, ditumpuk sebanyak-banyaknya di atas rangka kayu ini. saat baru dibangun, rumah ini hanya terbuat dari tanah saja. tapi, hanya dalam waktu beberapa minggu rumput mulai tumbuh lebat dan menutupi hampir seluruh rumah sehingga yang kelihatan tinggal pintu rumah yang berukuran kecil. terkadang, tumbuh juga bunga rumput yang indah menghias atap dan dinding rumah. so sweet banget dah nih rumahMySpace 

karena membuatnya dari bahan yang ada di sekitar, rumah ini bisa dibangun dalam waktu yang cukup cepat dan biaya yang nggak terlalu mahal. bahkan untuk membuatnya pun nggak butuh banyak pekerja. makanya, penduduk di iceland lebih sering meminta bantuan para tetangga daripada menyewa tukang bangunan. jadi buat para tukang bangunan, lebih baik jangan bekerja di sini. 

RUMAH JERAMI (LAKE TITICACA, PERU)

rumah jerami
tinggal di rumah jerami ternyata sudah ditekuni oleh suku uros sejak ratusan tahun lalu. kabarnya dulu para leluhur penduduk uros dianggap rendah oleh suku inca. mereka lalu diusir dan tidak boleh tinggal di peru lagi. kejamnyeeeeeeeeee MySpace. karena mereka nggak bisa tinggal di tanah, mereka pun berinisiatif membuat pulau sendiri di tengah danau dengan menggunakan bahan seadanya, yaitu jerami.

penduduk uros menggunakan jerami totora yang tebal dan kuat. jerami ini tumbuh subur di sekitar danau titicaca. jerami ini diikat, dijalin, dan ditumpuk sebanyak-banyaknya sehingga membentuk pulau yang menjadi tempat tinggal penduduk uros. pulau buatan ini harus rutin diganti jeraminya supaya tetap bisa mengambang. makanya seminggu sekali setiap keluarga harus menyerahkan seikat jerami untuk memperbaharui pulau mereka.

keahlian penduduk uros untuk menjalin jerami bisa membuat bentuk rumah mereka mirip seperti rumah bata pada umumnya dengan dinding dan atap persegi. pokoknya, penduduk uros kreatif deeh. jadi buat para generasi muda, contohlah penduduk uros yang sangat kreatif ini #apadah.

8 komentar:

Nurul Faidatul Fatihah mengatakan...

ini yang dimajalah gadis ya kak? haha :p

yossyozy mengatakan...

iyaa, abisan bingung mau nulis apa. hehe.
nanti mau cari lagi aah yang berhubungan ama pengetahuan d majalah gadis. kamu yang beliin yaa dek? wkwk ;p

Nurul Faidatul Fatihah mengatakan...

hidih? rajin ama aku beliin kakak :p
aku aja baca tuh majalah garagara nemu di kolong meja aku haha (?)

♥ nadita is nacchi ♥ mengatakan...

waaah... kereeen ^^
aku suka rumah rumput yang kedua :D

yossyozy mengatakan...

nurul : jaaaah. ada2 ajaa kamu mah.

ka nacchi : hihi. sama kak, aku juga sukanya rumah rumput. imut2 gmna gituu. hehe.

Nurul Faidatul Fatihah mengatakan...

ahaha serius deh kak! aku nemu dikolong meja sekolah ahaha -_-

yossyozy mengatakan...

waah, itu mah namanya nyolong. wkwk :p

Nurul Faidatul Fatihah mengatakan...

ih bukan kakak orang aku beneran nemu -_- pas aku tanyain ke tementemen gak ada yg ngaku ahha


up