19 Mar 2011

Bagaimana seharusnya? -,-

halo~ MySpace
saya lagi galau nih dengan masalah pertemanan yang terjadi di dalam benda bulat yang selalu berputar ini. sebenernya, dari dulu sih emang begitu. tapi kayaknya masalah pertemanan di SMA ini yang paling rumit. apalagi di kelas XI IPS 1 ini. kelas yang aku tempatin. huffft~

bermula dari teman sebangkuku. kita samarkan saja namanya. dengan nama.... *mikir. saya lemot, jadi mungkin agak lama* heeem~ siapa ya? aduuh. jadi bingung. hem~ yaudah, biar gampang kita namain saja dia dengan nama ingus. jelek banget ya? biarin aja deh. toh orangnya juga ga cakep <--- dalem
sebenernya dalam masalah fisik, aku ga ada masalah sama dia. malahan *kayaknya* sikap aku ke dia lumayan baik kok. kita juga gapernah berantem. cekcok mulut aja gapernah. apalagi sampe golok-golokkan. gapernah sama sekali. tapi kalo masalah batin, wiiiiiiiiiih, banyak banget. lebih banyak dari jumlah kandungan garam yang ada di lautan. jujur, aku gondok setengah mati sama si ingus ini. 
pertama, dia itu orangnya suka ngeluh dan marah2 gajelas. kayak pas uang bayarannya ilang. dia itu gamau menyalahkan dirinya sendiri. padahal, uang bayarannya ilang kan emang salah dia sendiri. dia malah sering nyalahin orang + nyalah2in mahkluk2 gaib. padahal belum tentu orang2 + mahkluk gaib itu yang salah. sebenernya... bisa juga sih dicolong. tapi ngeliat bukti yang ada, kayak waktu itu pas nongkrong di warung pop ice -nongkrong bukan dalam arti sebenarnya- dia juga kehilangan duit. padahal duit itu -yang aku lihat dengan mata kepalaku sendiri. ga mungkinlah minjem orang. mahal- jelas2 ada di tangannya. kenapa bisa ilang? ya, emang karena keteledorannya aja. tapi dia tuh gamau ngaku kalo dalam kenyataan yang sebenernya dia tuh teledor. haduh haduh (ˇ_ˇ'!l)  
kedua, dia itu selalu menganggap aku bodoh. walau dalam kenyataannya gitu, tapi jangan jujur2 amat kenapa (loh?). enggak suka aja aku sama caranya yang suka ngeremehin orang. kalo dia pinter, rajin, sempurna sih gapapa. ada yang disombongin. lah ini? 
kayak waktu itu, entah ada keajaiban apa, atau bisa disebut musibah, aku bisa dapet rangking gitu. dia kayak ga terima gitu pas aku bilang aku dapet rangking segitu. mungkin dia ngiri kali sama aku yang sebodoh ini bisa dapet rangking, sementara dia enggak. dan dengan teganya dia ngomong gini "anak di kelas XI IPS 1 itu nggak pada pinter2 ya. buktinya yang nggak pinter aja bisa dapet rangking" JEGEEEER! mungkin cuma aku yang ngerasa sakit hati. hati ini dizolimi dan kehilangan keperawanannya. ckck. maksud dia apa tuh? nyindir? atau secara nggak langsung bilang aku bego? woalah... nggak gini caranya kali. aku tahu kamu pinter, tapi gak segininya juga kalee. hargain aku sebagai temen dong. hargaku juga gamahal kok MySpace
terus yang ketiga, dia tuh orangnya gamau kerja. pas waktu itu kerja kelompok, dia ga ngapa2in. minum juga gabakal disediain kalo ga disuruh emaknya ckck -,- nyari data gamau, disuruh ngelanjutin peta konsep nya juga gamau. udah gamau, ketinggalan lagi di rumah pas mau dikumpulin, terus dianya nyantai aja. gapunya rasa tanggung jawab banget kan? males lama2 bertemen sama si ingus. 
keempat. si ingus itu orangnya ga sadar diri. dia tuh ga sadar kalo dia tuh ga bisa bergaul sama sekali. dia ngerasa dirinya tuh supel, padahal mah... boro2. aku kadang kasian sama dia karena suka ga ada temennya. tapi giliran di temenin, ngelunjak gitu. hadeeeh~ harus diapain sih nih anak? ga ditemenin kasian, ditemenin ngelunjak. 
terus ada satu hal yang bikin aku be-te banget duduk ama dia. dia tuh kalo cerita ituu ituuuuuuu aja. kalo ga kakaknya, emaknya, kalo ga emaknya, bapaknya. padahal tuh cerita udah sering di ulang2. aku juga udah sering ngomong "lo udah pernah cerita, ngus" terus dia ngejawab "eh, udah pernah ya. maap, gue suka lupa". tapi setelah aku ngomong gitu. dia tetep aja ceritanya gitu2 aja. males juga lama2 nasehatinnya.

terus temen berikutnya. kita panggil aja dia 'meler'. awalnya, aku kira dia anaknya baik, tapi lama kelamaan, ngeselin juga. egois, ga bisa terima kalo orang lain lebih baik dari dia, gamau kalah, terus juga NYOLOT. 
sebenernya aku baik2 aja sama dia. sama kayak si ingus itu.tapi bedanya, aku sama si meler ini pernah berantem sekali lewat SMS. dan itu membuat aku jadi agak gimanaaaaaaa gitu sama si meler. dan sepertinya juga agak menjaga jarak. gamau percaya lagi + gamau curhat macem2 lagi sama dia. dan itu emang sifat aku, sekali disakitin, aku ga bakal lagi mempercayai orang itu, walau sebaik apapun dia sama aku. karena, sepanjang hubungan pertemanan, aku jarang nyakitin orang. karena aku merasa, kalo gamau disakitin, yah jangan nyakitin. dan aku pegang teguh prinsip itu dengan selalu mengalah sama orang2 yah walaupun dalem hati sakit juga. jadi kalo ada yang nyakitin hati aku, susah banget buat maafinnya. jadi maklumin sajalah.
dan itu yang aku rasain ke ingus juga si meler. dan awal aku mulai merasa kalo meler belom bisa untuk aku jadikan sahabat di XI IPS 1 itu adalah pas dia mulai ngajak berangkat bareng aku karena kebetulan aku ke sekolah naik motor. lumayan buat dia ngirit ongkos, lumayan juga karena aku jadi ada temennya.

berikut isi sms-nya MySpace:
meler : yos, gue berangkat bareng lo ya?

sebenernya awalnya aku agak2 bingung. tumben nih bocah sms. tapi gapapa lah.

aku : okeoke. tapi lo harus udah sampe di depan ya sebelum gue dateng?
meler : lo sms gue aja kalo udah nyampe. oke?

terus aku sempet mikir, lah kok dia yang minta tolong, jadi dia yang enak? aku yang dimintain tolong, aku juga yang susah. jadi, aku bales aja gini

aku : gue males nunggu aaah~ lo aja yang nungguin gue. rumah gue deket kok. lagian gue juga kan naik motor. cepet kok.
meler : ahelah lo mah. pokoknya lo sms gue aja kalo udah nyampe
aku : pokoknya gue gamau tau, lo tunggu di depan kalo udah gue sms :p gue males nunggu hehe
meler : yaudah deh! gue gajadi bareng lo! ngapain gue bareng sama orang yang sombong kayak lo! mentang-mentang punya motor! gue ga sudi deh bareng sama orang sombong kayak lo. mending gue berangkat sendiri aja!

terus kan aku bingung ya. kok tiba-tiba dia marah? padahal, aku -ngerasanya- sms aku ga nyolot kok. ada hehe nya juga. kenapa dia malah marah2 gitu? yaudah, aku bales aja dengan staycool

aku : rumah gue kan deket. jadi lo nungguin gue juga paling gak lama kok. gue cuma minta keuntungan dari lo.
meler : lo tega apa ngeliat gue panas2an nungguin lo! lagian gue juga gatau rumah lo semana dari rumah gue! denger ya, kalo lo emang ga ikhlas bareng sama gue, mending gausah deh!

waduh? kok jadi nyolot gini nih bocah? panas? heeeei! kita masuk jam 9, lagian jam 9 belom panas coooy. aku juga kalo minta tolong sama orang tahu diri kaleee. ga main asal suruh aja. make otak juga. apa si meler mikir aku ga punya otak? 
tapi, berhubung aku orang yang baik, aku tetep bales dengan stay cool.

aku : tapi masa gue minta keuntungan dari lo gaboleh? rumah gue deket kok. kalo gapercaya, tanya aja sama si iler. 
meler : dari balesan2 lo gue ngerasa kalo lo tuh nyolot. lagian mana gue tahu rumah lo deket apa enggak? gue gatau sama sekali rumah lo. sori ya kalo bikin lo sakit hati. tapi gue gasuka cara lo kayak gini. mungkin lo minta keuntungan dari gue, tapi ga gini caranya. lo sama aja ngebiarin gue panas-panasan. maap ya kalo lo sakit hati

aku cuma bisa nelen ludah. intinya, dia tega bikin aku panas-panasan. dia juga gamau susah, maunya enak. gamau ngalah. emang sih, dia gatau rumah aku, tapi, ya dia mikir aja deh. dia nebeng tapi maunya ditungguin gamau nungguin. itu yang namanya tahu diri? biarpun dia udah minta maaf, tetep aja aku sakit hati. tapi tetep aja aku bales dengan sabar dan mau nggak mau ya ngalah.

aku : yaudah, sekarang lo maunya gimana? gue juga minta tolong sama lo tahu diri kali.
meler : kok gue ngerasa lo makin nyolot ya? ya terserah elo. itu juga motor-motor elo.
aku : terserah lo deh. yaudah lo jadi bareng apa enggak? yaudah gue nungguin di depan gang lo dari sebelum lo dateng :D

terus kita jadi bareng deh. isi smsnya ga sepenuhnya begitu. tapi intinya begitu. aku aja nahan kesel setengah mati pas ngisi ini. jujur, aku masih kesel. masih sakit hati. emang kayaknya sepele? tapi aku tetep aja sakit hati. ngomongnya baik2 dibales nyolot huuuuft. 
udah gitu, setiap dia ngajak bareng, aku yang repot. sibuk nelponin dia, smsin dia. maklum, aku kan takut telat. abis dia kalo ke sekolah kan suka telat. tapi tetep aja ngerasa sakit hati. aturan kan dia yang repot atau paling nggak sama2 repot deh.
terus pernah pas ngoreksi bahasa inggris. aku kan ya... lumayanlah bahasa inggrisnya. maklum, bule-bule gimanaaaa gitu wkwkwk. terus beberapa soal dia nanya sama aku. ya... aku kasih tau lah. masa sama temen pelit.
pengoreksian pun tiba. nah, pas di nomer berapa tuh, aku salah dan dia bener. dia ketawa-ketawa gitu ngeliatnya. kan aku bingung. terus aku tanya aja deh "lah? lo ngapa?" terus dengan enaknya, sambil ketawa-ketawa dia jawab "gue seneng ngeliat lo salah"
aku cuma bisa ngelus dada. apaan lagi nih maksudnya? emang aku pernah nyombongin diri apa pas bahasa inggris? kok dia tega gitu. seneng kalo aku salah? iiihwaw. tega banget 

apa yang harus aku lakuin sekarang? si ingus udah pernah aku tegor buat gajadi orang yang egois lagi, tapi nyatanya, dia masih aja egois. dia juga udah mulai dijauhin temen2 yang lain, mungkin cuma aku yang mau nemenin dia, tapi tetep aja, sifatnya ga berubah. gamau sadar diri juga gamau memperbaiki diri. harus tahan deh sebangku sama dia. tapi kadang2, aku juga mikir gimana perasaanku kalo ada di posisi dia. pasti kesepian deh. jadi, aku juga gamau terlalu ngejauhin dia. ya, paling negor secara nggak langsung aja.

sementara meler, dia lebih mending lah dibanding ingus. sebenernya dia baik, tapi gara2 sms dari dia waktu itu, aku jadi agak males deh bertemen sama dia. mendingan bertemen sama2 semut2di rumahku. ga bisa ngomong dan ga bisa nyakitin hati. unyunya para semut (?) 

menurut para blogger semua, apa yang harus aku lakuin buat kedua temenku ini? kasi saran dong. ya siapa tau aku bisa lebih nyaman tinggal di sos 1 ini. daripada aku harus bunuh diri sangking banyaknya persoalan yang ga bisa aku keluarin ke mereka. sakit lo nahan sabar. mungkin sama rasanya kayak nahan kentut dan kalo dikeluarin bakalan lega.
i'm manusia galau, capcussss. pengen menghilangkan galau dulu dengan jalan2 di dunia maya. jalan sejauh apapun bayarnya tetep segitu wkwkwk *ketahuan orang kismin*. sekian sesi curhat saya, maaf bila menyinggung perasaan banyak pihak, mohon dimangapkan -tapi jangan lupa mingkem. okeeeh?
bubyeeeee MySpace



15 komentar:

Adilah Ihsany mengatakan...

Lagi da masalah toh kak,aku juga pernah kok,santai aja,apa yang mau dia berbuat,buat aja,aku mah diem aja padahal dalem hati gondokan noh,kalo bisa nahan sabar,turutin apa yang dia mau dulu,kalo keterlaluan banget,dah diemin!itu saja mungkin sdh cukup. itu menurut ku,bagaimana menurut anda?

yossyozy mengatakan...

okeeeh, sipsip :D thanks yaa buat sarannya. aku juga orangnya ga enakan sih, jadinya... ya gitu hihi

Dita Khusnul Khotimah mengatakan...

kalau berteman emang banyak masalah nya loh. kamu ambil sisi positifnya aja, jangan terlalu maksain diri kamu juga kalau emang ga cocok sama 2 biji (loh?) temen kamu itu.
ada baiknya kamu baur sama yang lain :)

yossyozy mengatakan...

hehe. aku udah baur sama yang lain kok. mereka juga ga aku anggep temen deket (loh?) pengen ngindar tapi ga enak huhu

thanks sarannya (っ˘з˘)っ

Irvina mengatakan...

dibalik ini semua pasti terdapat hikmahnya kok dek :)

tetep semangat ya. percekcokan itu biasa :)

DEZTHONK ZONE mengatakan...

perlajari ajah sifat mereka, bisa dijadiin kaca buat kita, jangan sampe kita punya sifat [ngeseli] kayak mereka....

tapi coba introspeksi diri ke belakang, sapa tau secara gak sengaja kamu pernah nyinggung mereka...

yaaaahhh anggep ajah itu rasa kecutnya di dunia persahabatan, kan enak jadi rame rasanya....

heheeeeee

tetep semangat yah, jangan berhenti untuk mencari teman, salam kenal....

nadahasya mengatakan...

waaaah si kakak sabar banget. udah aku sembelih aja kali tuh orang2 kayak gitu, eh nggak sesadis itu juga sih, hehe...berdoa aja, semoga mereka2 itu nyadar akan ke-nggakbanget-an mereka itu, hihihi ;)

i-one mengatakan...

sabar ya,berteman itu gampang2 susah,salam kenal,klu ada waktu kunjungi blog ane ya

yossyozy mengatakan...

irvina :: sipsip kakaknya. makasih ya buat semangatnya :D

dezthonk zone :: iyaa, akan selalu instrospeksi diri kok. sekalian buat kenangan di masa SMA hehe.
iyaa, salam kenal :D

nadahasya :: wkwk. aku gak sesabar ituh. pengennya juga sekejem itu, tapi kasian aah :p aminaminamin :D

i-one :: betulbetulbetul. sipsip bakalan berkunjung :D

Phani mengatakan...

Ternyata ada orang yang sama kayak aku *aneh*..
Aku juga lagi ngalamin cerita kakak itu juga loh..
Malah lebih sadis, tapi aku takut kalo mau nge-post di blog kayak kakak ini..

Kalo menurut aku, tindakan buat "agak" menjauh dari dia adalah tindakan jitu.
Tapi kalo dia itu ga peka, ya udah deh kak, ga usah terlalu dipikirin.. Kalo dia gitu, kan sebenernya dia yg rugi.

Trus, aku saranin deh buat "agak nyindir" dia, pasti seru deh *pengalaman sendiri*..

Okkehhh..
Di balik itu semua, pasti ada arti nya kok kak...
Tetep semangat!! (?)

Note: sering" visit blog aku yah,kak.. :)

yossyozy mengatakan...

jiahahaha. ternyata ada juga yang senasib sepenanggungan sebangsa tanah dan sebangsa air kayak aku (?) haha

sebenernya takut juga sih mereka baca, tapi biarin aah~ biar mereka sadar hoho

okee, bakalan aku cobaa. mudah2an aja cepet2 nyadar dan mau ngerubah sikapnya. makasih sarannya :D

Hans Brownsound ツ mengatakan...

hello yossi,
im visiting here :)

scream shael mengatakan...

kita senasib kok yos..
yang waras hanya bisa sabar (kayak gue)..

yossyozy mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
yossyozy mengatakan...

elsha :: haha. waah tapi saya ga waras tuh :O haha. gue kira lo sapa. ternyata... haha


up